Minggu, 6 Juli 2025
  • AR
  • EN
  • IN
Muhammadiyah
  • KABAR
  • OPINI
  • HUKUM ISLAM
  • KHUTBAH
  • MEDIA
  • SEJARAH
  • TOKOH
  • ARSIP
No Result
View All Result
  • Login
Muhammadiyah
  • KABAR
  • OPINI
  • HUKUM ISLAM
  • KHUTBAH
  • MEDIA
  • SEJARAH
  • TOKOH
  • ARSIP
No Result
View All Result
  • Login
Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • KABAR
  • OPINI
  • HUKUM ISLAM
  • KHUTBAH
  • MEDIA
  • SEJARAH
  • TOKOH
  • ARSIP
Home Berita

PAUD ‘Aisyiyah Pertegas Komitmen Wujudkan Pendidikan Berkeadilan Tanpa Diskiriminasi

by aanardianto
2 tahun ago
in Berita
Reading Time: 4 mins read
A A
PAUD ‘Aisyiyah Pertegas Komitmen Wujudkan Pendidikan Berkeadilan Tanpa Diskiriminasi

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA — Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah selenggarakan Bimbingan Teknis Pendidikan Inklusi di PAUD ‘Aisyiyah “Akses Pendidikan Berkeadilan Tanpa Diskriminasi” yang dilaksanakan pada,Rabu (5/7).

Kegiatan ini untuk mempertegas komitmen mewujudkan pendidikan berkeadilan — tanpa diskriminasi. Fitni Willis, Ketua Majelis PAUD, Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menyebutkan bahwa ‘Aisyiyah sebagai salah satu organisasi yang memiliki lembaga pendidikan haruslah menerapkan pendidikan inklusi ini secara menyeluruh.

Anak-anak Indonesia disebut Fitni harus mendapatkan hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu sehingga tidak ada diskriminasi di mana semua anak bisa masuk kependidikan yang regular.

“Karena mereka berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu sehingga kita sebagai penyelenggara, pengelola pendidikan harus melaksanakan dan kita ingin memajukannya lebih baik lagi dari apa yang ada sekarang ini,” tegas Fitni.

Majelis PAUD, Dasar, dan Menengah disebut Fitni juga memiliki program untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam menghadapi anak-anak berkebutuhan khusus. “Akan ada pelatihan shadow teacher, ini sejalan dengan program dari Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah di mana Majelis Dikdas terlibat, mari kita ikuti berbagai pelatihan ini agar bisa menyelenggarakan pendidikan inklusi di daerah kita masing-masing.” Imbuhnya.

Fitni berharap dengan berbagai pelatihan dan persiapan yang dilakukan, pendidikan ‘Aisyiyah dapat menjadi contoh, menjadi pelopor yang lebih baik sehingga pendidikan inklusi yang diselenggrakan ‘Aisyiyah benar-benar nyaman, menyenangkan, dan anak-anak meneria pendidikan pembelajaran yang maksimal serta dengan potensi yang berkembang. 

MateriTerkait

Civitas Akademika Muhammadiyah harus Jadikan Al-Qur’an dan As-Sunnah Pedoman Hidup

Kemendes PDT Gandeng ‘Aisyiyah Perkuat Pemberdayaan Desa Lewat Gerakan Qaryah Thayyibah

Perkuat Kaderisasi, MPK PP ‘Aisyiyah Gelar ‘Aisyiyah Cadre Camp 2025

“Semangat dan keinginan membentuk modeling pendidkan inklusif betul-betul harus diimplementasikan di PAUD kita, karena keinginan dan merajut mimpi bersama ini maka berbagai macam kegiatan bisa terwujud.” Katanya.

Koordinator Program Inklusi ‘Aisyiyah yang juga merupakan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Tri Hastuti Nur Rochimah menyebutkan bahwa kegiatan BIMTEK ini dilandaskan dengan semangat dan modeling Pendidikan inklusif yang dimulai dengan PAUD ‘Aisyiyah. ‘Aisyiyah disebut Tri adalah pelopor dalam hal pendidikan dan 25% pendidikan PAUD adalah dari ‘Aisyiyah.

“Maka kita harus menguatkan pendidikan inklusif ini di PAUD-PAUD ‘Aisyiyah dan ‘Aisyiyah lah yang menjadi di garda depan. Oleh karena itu, kepeloporan harus di bangun terus oleh kader ‘Aisyiyah sehingga menjadi mainstream di semua PAUD ‘Aisyiyah,” tegas Tri.

Tri berharap melalui Pendidikan Inklusif ini anak kebutuhan khusus dapat menikmati layanan pendidikan yang bermutu. “‘Aisyiyah kedepan harus menjadi pelopor dalam menguatkan pendidikan inklusi dan semua anak-anak gembira mendapatkan sekolah tanpa diskriminasi.” Tandasnya.

Pendidikan Inklusi bukan Hanya untuk Difabel

Sementara itu, Aswin Wihdiyanto, Plt. Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus pada Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemdikbudristek RI menyampaikan, inklusi adalah untuk memberikan kesempatan yang sama pada peserta didik, bukan hanya untuk difabel saja.

 “Inklusi adalah suatu konsep untuk memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar di kelas yang sama. Inklusif itu bukan hanya untuk disabilitas tapi suasana belajar yang nyaman untuk siapapun dengan memberikan kesempatan bagi setiap peserta didik untuk memberikan kesempatam yang layak.” Ungkapnya.

Mewujudkan pendidikan Inklusif ini diakui Aswin bukan hal yang mudah karena banyak tantangan dalam pelaksanaanya. Ia sangat mengapresiasi dukungan ‘Aisyiyah atas pelaksanaan pendidikan Inklusi ini di fasilitas pendidikan ‘Aisyiyah.

 “Kerangka berpikir kita sudah sama, bahwa pemberian layanan pendidkan yang layak untuk semua adalah panggilan bukan keterpaksaan,” ujarnya.

Aswin menekankan perlunya kolaborasi ini baik di proses pembelajaran, penilaian, maupun kolaborasi antar bidang ilmu, karena menurutnya inklusif konteksnya tidak melulu pendidikan tetapi juga terkait sisi psikologisnya.

Lebih lanjut menurut Aswin, ketika konsep inklusif sudah menjadi universal maka kita harus memahami bahwa ada sesuatu yang harus disesuaikan ketika menerima peserta didik dengan disabilitas. 

“Sekolah perlu melakukan proses penyesuaian atau adptasi baik dalam proses pembelajaran maupun penyiapan sarana prasarana sampai dalam penyesuaian kurikulum,” tuturnya.

Aswin juga menegaskan bahwa tujuan pendidikan inklusif di sekolah bukanlah menurunkan kualitas pendidikan akan tetapi mendukung pemahaman akan keragaman bagi para murid.

“Ketika kita menerima murid yang beragam tidak berarti akan menurunkan kualitas pendidikan karena anak sejak dini dikenalkan dengan keragaman termasuk adanya teman-teman dengan disabilitas karena penyandang disabilitas adalah bagian dari kita bagian dari masyarakat.” Tutup Aswin.

Acara BIMTEK ini diikuti oleh 47 orang guru maupun kepala sekolah PAUD ‘Aisyiyah sebagai lokasi modelling yang berasal dari Kota Yogyakarta, Sleman, Karangkajen, Tasikmalaya, Garut, Bojonegoro, Probolinggo, Sidoarjo, Banjar, dan Jabodetabek. Serta 18 orang peserta online dari Jabodetabek, Lahat, Banyuasin, Banjar, Hulu Sungai Utara, Kolaka, serta Muna Barat. 

BIMTEK juga menghadirkan fasilitator yang berkompeten di bidangnya yakni Rachmi Aida dari Dikdasmen PWA Jawa Timur dan Unit Layanan Disabilitas (ULD) Blitar, Nuwuningsih, Dikdasmen PWA DIY dan Kepala Sekolah PAUD Inklusi Srawung Bocah, Ceria Hermina, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Riana Mashar, Dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ahmad Dahlan.

Tags: komitmen ‘AisyiyahPAUD ‘Aisyiyahpendidikan inklusif
ShareTweetSendShareShare
Previous Post

Medsos menjadi Realitas; Mubaligh Muhammadiyah Harus Mendalam Ilmunya dan Keren Penyampaiannya

Next Post

Pembaruan Dakwah Muhammadiyah untuk Menginstal Islam Berkemajuan pada Remaja

Baca Juga

Membangun Pendidikan Inklusif untuk Memberikan Kesempatan Sama bagi Anak Bangsa dalam Belajar
Berita

Membangun Pendidikan Inklusif untuk Memberikan Kesempatan Sama bagi Anak Bangsa dalam Belajar

09/09/2023
Meluruskan Pemahaman tentang Toleransi dalam Fenomena Sosiologis Krismuha
Berita

Meluruskan Pemahaman tentang Toleransi dalam Fenomena Sosiologis Krismuha

16/06/2023
Next Post
Pembaruan Dakwah Muhammadiyah untuk Menginstal Islam Berkemajuan pada Remaja

Pembaruan Dakwah Muhammadiyah untuk Menginstal Islam Berkemajuan pada Remaja

Rakernas MPI Bahas Program Semesta Digital dan Launching Data Center

Rakernas MPI Bahas Program Semesta Digital dan Launching Data Center

Menyegarkan Semangat Hijrah melalui Perspektif Islam Berkemajuan

Menyegarkan Semangat Hijrah melalui Perspektif Islam Berkemajuan

BERITA POPULER

  • Puasa Tasua dan Asyura Jatuh Pada Tanggal 27 dan 28 Juli 2023, Begini Keutamaannya!

    Kapan Pelaksanaan Puasa Tasua dan Asyura?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Puasa Asyura dalam Riwayat Hadits Ibnu Abbas dan Aisyah RA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Inggris Alami Krisis Layanan Lansia, Muhammadiyah Ambil Peluang Dakwah dan Kontribusi Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Amalan-amalan bagi Muslimah pada bulan Muharram

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Muhammadiyah Rencanakan Pembangunan Masjid dan Sekolah di Jepang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dalil-dalil Disyariatkannya Puasa Tasu‘a dan ‘Asyura

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Alumni Kampus Muhammadiyah Ini Berhasil Diterima Magister di Harvard University

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sama-sama Menggunakan Hisab dan Berlaku Global: KHGT dan Kalender Ummul Qura Arab Saudi Tetapkan 1 Muharram 1447 H pada 26 Juni 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Asal Usul Puasa Tasua dan Asyura

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Majelis

  • Tarjih dan Tajdid
  • Tabligh
  • Diktilitbang
  • Dikdasmen dan PNF
  • Pembinaan Kader dan SDI
  • Pembinaan Kesehatan Umum
  • Peminaan Kesejahteraan Sosial
  • Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata
  • Pendayagunaan Wakaf
  • Pemberdayaan Masyarakat
  • Hukum dan HAM
  • Lingkungan Hidup
  • Pustaka dan Informasi

Lembaga

  • Pengembangan Pesantren
  • Pengembangan Cabang Ranting
  • Kajian dan Kemitraan Strategis
  • Pembinaan dan Pengawasan Keuangan
  • Resiliensi Bencana
  • Amil Zakat, Infak dan Sedekah
  • Pengembang UMKM
  • Hikmah dan Kebijakan Publik
  • Seni Budaya
  • Pengembangan Olahraga
  • Hubungan dan Kerjasama Internasional
  • Dakwah Komunitas
  • Pemeriksa Halal dan KHT
  • Pembinaan Haji dan Umrah
  • Bantuan Hukum dan Advokasi Publik

Biro

  • Pengembangan Organisasi
  • Pengelolaan Keuangan
  • Komunikasi dan Pelayanan Umum

Ortom

  • Aisyiyah
  • Pemuda Muhammadiyah
  • Nasyiatul Aisyiyah
  • Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
  • Ikatan Pelajar Muhammadiyah
  • Tapak Suci Putra Muhammadiyah
  • Hizbul Wathon

Wilayah Sumatra

  • Nanggroe Aceh Darussalam
  • Sumatra Utara
  • Sumatra Selatan
  • Sumatra Barat
  • Bengkulu
  • Riau
  • Kepulauan Riau
  • Lampung
  • Jambi
  • Bangka Belitung

Wilayah Kalimantan

  • Kalimantan Barat
  • Kalimantan Timur
  • Kalimantan Selatan
  • Kalimantan Tengah
  • Kalimantan Utara

Wilayah Jawa

  • D.I. Yogyakarta
  • Banten
  • DKI Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur

Wilayah Bali &

Kepulauan Nusa Tenggara

  • Bali
  • Nusa Tenggara Barat
  • Nusa Tenggara Timur

Wilayah Sulawesi

  • Gorontalo
  • Sulawesi Barat
  • Sulawesi Tengah
  • Sulawesi Utara
  • Sulawesi Tenggara
  • Sulawesi Selatan

Wilayah Maluku dan Papua

  • Maluku Utara
  • Maluku
  • Papua
  • Papua Barat
  • Papua Barat daya

Cabang Istimewa

  • PCIM Kairo Mesir
  • PCIM Iran
  • PCIM Sudan
  • PCIM Belanda
  • PCIM Jerman
  • PCIM United Kingdom
  • PCIM Libya
  • PCIM Malaysia
  • PCIM Prancis
  • PCIM Amerika Serikat
  • PCIM Jepang
  • PCIM Tunisia
  • PCIM Pakistan
  • PCIM Australia
  • PCIM Rusia
  • PCIM Taiwan
  • PCIM Tunisia
  • PCIM TurkI
  • PCIM Korea Selatan
  • PCIM Tiongkok
  • PCIM Arab Saudi
  • PCIM India
  • PCIM Maroko
  • PCIM Yordania
  • PCIM Yaman
  • PCIM Spanyol
  • PCIM Hongaria
  • PCIM Thailand
  • PCIM Kuwait
  • PCIM New Zealand

Kategori

  • Kabar
  • Opini
  • Hukum Islam
  • Khutbah
  • Media
  • Tokoh

Tentang

  • Sejarah
  • Brand Guideline

Layanan

  • Informasi
  • KTAM

Ekosistem

  • Muhammadiyah ID
  • MASA
  • EventMu
  • BukuMu
  • SehatMu
  • KaderMu
  • LabMu

Informasi

  • Redaksi
  • Kontak
  • Ketentuan Layanan
© 2025 Persyarikatan Muhammadiyah
Login with M-ID

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • AR icon bendera arab
  • EN
  • ID bendera indonesia
  • Home
  • Organisasi
    • Anggota Pimpinan Pusat
    • Keputusan Muktamar Ke-48
      • Risalah Islam Berkemajuan
      • Isu – Isu Strategis Keumatan, Kebangsaan dan Kemanusiaan Universal
      • Keputusan Lengkap
    • Majelis
      • Majelis Tarjih dan Tajdid
      • Majelis Tabligh
      • Majelis Diktilitbang
      • Majelis Dikdasmen dan PNF
      • Majelis Pembinaan Kader dan SDI
      • Majelis Pembinaan Kesehatan Umum
      • Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial
      • Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata
      • Majelis Pendayagunaan Wakaf
      • Majelis Pemberdayaan Masyarakat
      • Majelis Hukum dan HAM
      • Majelis Lingkungan Hidup
      • Majelis Pustaka dan Informasi
    • Lembaga
      • Lembaga Pengembangan Pesantren
      • Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid
      • Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis
      • Lembaga Pembinaan dan Pengawasan Keuangan
      • Lembaga Resiliensi Bencana
      • Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah
      • Lembaga Pengembang UMKM
      • Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik
      • Lembaga Seni Budaya
      • Lembaga Pengembangan Olahraga
      • Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional
      • Lembaga Dakwah Komunitas
      • Lembaga Pemeriksa Halal dan KHT
      • Lembaga Pembinaan Haji dan Umrah
      • Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi Publik
    • Biro
      • Biro Pengembangan Organisasi
      • Biro Pengelolaan Keuangan
      • Biro Komunikasi dan Pelayanan Umum
    • Profil
      • AD/ ART Muhammadiyah
      • Sejarah Muhammadiyah
      • Lagu Sang Surya
      • Organisasi Otonom
      • Cabang Istimewa/Luar Negeri
    • Ideologi
      • Muqodimah Anggaran Dasar Muhammadiyah
      • Masalah Lima
      • Kepribadian Muhammadiyah
      • Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah
      • Khittah Muhammadiyah
      • Langkah Muhammadiyah
    • Daftar Anggota
  • Opini
    • Budaya Lokal
    • Filantropi & Kesejahteraan Sosial
    • Pemberdayaan Masyarakat
    • Lingkungan & Kebencanaan
    • Masyarakat Adat
    • Milenial
    • Moderasi Islam
    • Resensi
  • Hikmah
  • Hukum Islam
  • Khutbah
    • Khutbah Jumat
    • Khutbah Gerhana
    • Khutbah Nikah
    • Khutbah Idul Adha
    • Khutbah Idul Fitri
  • Tokoh
  • Kabar
    • Internasional
    • Nasional
    • Wilayah
    • Daerah
    • Ortom
  • Galeri
    • Foto
  • Login

© 2024 Persyarikatan Muhammadiyah - Cahaya Islam Berkemajuan.