Brand Guideline Muhammadiyah

Selamat datang di panduan brand kami. Di sini Anda akan menemukan semua yang perlu Anda ketahui tentang identitas dan gaya visual organisasi Muhammadiyah.

Kata Pengantar

Tahun ini Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) menerbitkan buku standar identitas visual Muhammadiyah yang dimaksudkan untuk membangun kesadaran identitas organisasi. Kesadaran ini penting untuk terus-menerus ditumbuhkan dan dilestarikan agar semangat gerakan Islam Berkemajuan tiada pupus sampai akhir masa. Penerbitan ini adalah konsekuensi logis dari perkembangan organisasi yang telah mendunia melewati batas-batas geografis dan kebudayaan. Karenanya, rujukan, referensi, dan pedoman terkait dengan identitas visual penting bagi keluarga besar Persyarikatan untuk dipedomani. Pimpinan Pusat mengucapkan terima kasih dan apresiasi setulusnya kepada seluruh tim yang telah bekerja berbulan-bulan untuk menyiapkan, merancang, mendiskusikan, menerima masukan, revisi berkali-kali sehingga buku ini bisa terbit. Semoga Allah SWT membalas kebaikan dan jerih payah mereka semua. Semoga penerbitan ini bermanfaat untuk mendukung terbentuknya organisasi yang maju, profesional dan modern.

Ketua Umum PP Muhammadiyah

Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si.
NBM 545549

Brand Story

Muhammadiyah adalah Organisasi Islam modern terbesar di Indonesia. Dengan semangat Gerakan Islam Berkemajuan, Muhammadiyah memiliki banyak institusi pendidikan, kesehatan, amal usaha, dan sebagainya.

Konsep dan Makna Logo

Muhammadiyah memiliki lambang matahari yang melambangkan visi Muhammadiyah sebagai gerakan Islam berkemajuan yang mampu mencerahkan hati dan pikiran masyarakat di mana saja dengan ajaran-ajaran Islam yang benar berdasarkan Al-Qur’an dan As-sunnah. Kaligrafi bertuliskan Muhammadiyah yang berada di tengah menunjukkan nama organisasinya yang memiliki makna Pengikut Nabi Muhammad. Di luar lingkaran kaligrafi Muhammadiyah terdapat kaligrafi 2 kalimat syahadat yang melambangkan Muhammadiyah sebagai gerakan yang berjuang untuk menegakkan kalimat tauhid. Sinar matahari yang berwarna putih merupakan warna kesukaan Rasulullah yang melambangkan keikhlasan.

Makna Tagline

Masyarakat Islam sebagai kekuatan masyarakat madani menjunjung tinggi kemajemukan agama dan kesetaraan seluruh elemen kehidupan. Dalam perspektif Muhammadiyah, Islam merupakan agama yang berkemajuan, yang kehadirannya membawa rahmat bagi kehidupan umat manusia. Hal ini senada dengan istilah “Islam Berkemajuan” yang beberapa waktu lalu digelorakan pada Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Surakarta. Islam yang berkemajuan berarti Islam yang memancarkan pencerahan bagi kehidupan, termasuk dalam ranah emansipasi dan humanisasi. Secara ideologis, Islam yang berkemajuan merupakan aktualisasi dari perluasan pandangan keagamaan melalui dakwah dan tajdid yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah, tetapi tetap menerapkan kontak kekinian dan proyeksi masa depan. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan ijtihad di tengah tantangan kompleksitas kehidupan modern abad ke-21 guna menghadirkan Islam sebagai ajaran yang adaptif, responsif dan implementatif terhadap problematika kemanusiaan, serta bisa membawa kemajuan bagi peradaban umat manusia. Bukti nyata implementasi dari Islam Berkemajuan telah secara bertahap diwujudkan Muhammadiyah dalam berbagai praktik pranata-pranata modern. Di antaranya melalui amal usaha di berbagai bidang yang unggul seperti pendidikan, sosial, kesehatan, pemberdayaan, ekonomi, dan dakwah komunitas yang membuana di berbagai lapisan masyarakat.

Logo Utama

Berikut ini adalah lambang /logogram Persyarikatan Muhammadiyah yang sah berdasarkan ADART Muhammadiyah.

Logo Brand

Berikut ini adalah lambang /logogram Persyarikatan Muhammadiyah yang sah berdasarkan ADART Muhammadiyah.

Logo Official

Official logo Muhammadiyah dirancang dengan visualisasi yang formal dan berwibawa untuk kebutuhan resmi antar organisasi maupun institusi.

Typography

Berikut nama huruf yang Muhammadiyah gunakan untuk pengunaan logotype dan tagline.

Spesifikasi Warna

Berikut spesifikasi warna yang Muhammadiyah gunakan dalam menyampaikan pesan dan spirit organisasi pada setiap visi dan misinya.

Implementasi Warna

Berikut hasil implementasi dari spesifikasi warna yang Muhammadiyah gunakan, dimohon untuk tidak menggunakan warna yang lain selain warna yang sudah kami berikan.

Aplikasi Desain

Berikut hasil dari aplikasi desain yang diterapkan pada beberapa mockup desain, adapun mockup desain yang kami tampilkan seperti, Office Kit, Signboard, Branding, Advertisement.

Signboard, Branding & Advertisment

Panduan penyematan logo pada Signboard, Branding dan Advertisment dengan pengaplikasian pada Umbul-Umbul, Papan Reklame dan Neon Box.

Mockup Desain

Berikut adalah hasil dari pengaplikasiaan desain ke visualisasi produk fisik. Mockup ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata kepada anggota Muhammadiyah untuk menerapkan desain ke dalam sebuah produk.

Brand Guideline Muhammadiyah

Silahkan download assets digital melalui button di bawah ini.

Add New Playlist