MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA – Sebuah pencapaian besar awal tahun 2025 diraih RS PKU Muhammadiyah Surakarta setelah menerima Sertifikat Penghargaan Bintang 5 Transformasi Digital dari BPJS Kesehatan.
Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiwan, kepada Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta di Aula Baitul Hikmah pada Selasa (21/1).
Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Mardiatmo mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas pencapaian ini.
“Perjalanan menuju transformasi digital ini dimulai sejak lama, tahun 2021 kami menerima penghargaan bintang 3, dan tahun ini kami mendapatkan bintang 5. Ini adalah bukti nyata komitmen kami untuk terus menghadirkan layanan yang lebih baik melalui inovasi teknologi,” katanya seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima redaksi pada Rabu (22/1).
Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiwan, juga memberikan apresiasi.
“RS PKU Muhammadiyah Surakarta adalah rumah sakit pertama di Jawa Tengah dan DIY yang menerima penghargaan sertifikat bintang 5 Transformasi Digital dari BPJS Kesehatan, serta menjadi yang ketiga secara nasional. Kami berharap, rumah sakit ini dapat menjadi panutan dalam transformasi digital bagi fasilitas kesehatan lainnya di Indonesia,” ujarnya.
Suryanto Nugroho, Kepala Instalasi SIMRS RS PKU Muhammadiyah Surakarta, menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan pengakuan atas keberhasilan rumah sakit yang telah mengimplementasikan transformasi digital BPJS Kesehatan.
Dengan implementasi teknologi yang komprehensif, RS PKU Muhammadiyah Surakarta telah menghadirkan inovasi yang berdampak nyata, seperti antrian online untuk mempersingkat waktu tunggu pasien, proses administrasi yang lebih mudah dan efisiensi layanan dengan SEP elektronik.
Selain itu, penerapan rekam medis elektronik memastikan data pasien terdokumentasi secara aman dan terintegrasi, sementara teknologi pengenalan wajah dengan Frista (Face Recognition) memperkuat keamanan dan akurasi dalam pelayanan. Pengelolaan farmasi yang lebih optimal dengan menggunakan farmasi elektronik juga menjadi bagian penting dari transformasi ini, memastikan kebutuhan obat pasien dapat terpenuhi dengan cepat dan tepat. Semua upaya yang dilakukan ini mencerminkan dedikasi rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan yang modern, efisien, dan terpercaya bagi masyarakat.
Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari BPJS Kesehatan atas dedikasi RS PKU Muhammadiyah Surakarta dalam memanfaatkan teknologi informasi guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Ke depan, rumah sakit ini akan terus berkomitmen untuk terus berinovasi dan mendukung transformasi digital dalam sektor kesehatan, sejalan dengan visi untuk menjadi rumah sakit yang paripurna dan berkelas dunia, sekaligus mendukung program transformasi digital yang dicanangkan BPJS Kesehatan.