Sabtu, 2 Agustus 2025
  • AR
  • EN
  • IN
Muhammadiyah
  • KABAR
  • OPINI
  • HUKUM ISLAM
  • KHUTBAH
  • MEDIA
  • SEJARAH
  • TOKOH
  • ARSIP
No Result
View All Result
  • Login
Muhammadiyah
  • KABAR
  • OPINI
  • HUKUM ISLAM
  • KHUTBAH
  • MEDIA
  • SEJARAH
  • TOKOH
  • ARSIP
No Result
View All Result
  • Login
Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • KABAR
  • OPINI
  • HUKUM ISLAM
  • KHUTBAH
  • MEDIA
  • SEJARAH
  • TOKOH
  • ARSIP
Home Berita

Urgensi Persaksian atau Syahadah dalam Keimanan Seorang Muslim

by ilham
11 bulan ago
in Berita
Reading Time: 2 mins read
A A
Setelah Selesai Tiga Rakaat Sholat Witir, Disunnahkan Baca Doa ini!

MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA — Dalam al-An’am ayat 19‒21, Al-Qur’an menantang audiensnya dengan pertanyaan, “Siapakah yang lebih kuat kesaksiannya?” Kalimat ini menjadi landasan dalam mempertanyakan berbagai model keimanan yang berkembang pada masa itu dan di masa sekarang.

Dalam Halaqah Tafsir At-Tanwir Muhammadiyah pada Jumat (20/09), Piet Hizbullah Khaidir mengaitkan tafsir ini dengan pembagian keimanan yang diajukan oleh Al-Nawawi yang membagi iman menjadi tiga tingkatan: pertama, keimanan yang tumbuh dari pengetahuan ilmiah (‘ilm al-yaqin), kedua, keimanan yang semakin kuat melalui pengalaman amaliah (‘ayn al-yaqin), dan terakhir, keimanan tertinggi yang hanya tertuju kepada Allah dengan perasaan menyelami kebenaran-Nya secara langsung (haqq al-yaqin).

Dalam konteks ini, kata Piet, Al-Qur’an yang diterima langsung oleh Nabi Muhammad Saw merupakan pengetahuan tertinggi. Dengan demikian, persaksian Nabi Muhammad atas pewahyuan tersebut bukan hanya sebuah informasi, melainkan pengalaman spiritual yang diresapi dan disaksikan langsung melalui hati dan akalnya. Ini adalah bentuk keimanan tertinggi, di mana seorang hamba benar-benar merasakan kehadiran-Nya dalam setiap aspek kehidupannya.

Mengutip Abu Bakar Sirajuddin, Piet menggambarkan bagaimana orang-orang memperoleh pengetahuan tentang kebenaran melalui tiga cara: melalui kabar, melalui contoh yang diperlihatkan, dan melalui pengalaman langsung. Hanya dengan mengalami langsung, seseorang dapat mencapai keimanan yang sempurna dan mendalam.

MateriTerkait

Dalam Sehari, Haedar Nashir Resmikan Enam Bangunan Amal Usaha Muhammadiyah di Kotagede

Kotagede dalam Jejak Panjang Gerakan Islam: Haedar Nashir Resmikan Enam Bangunan AUM di Kotagede

Tapak Suci Mendunia: 763 Pesilat dari 24 Negara Berlaga di Tapak Suci World Championship 2

Urgensi persaksian dalam pewahyuan Al-Qur’an terletak pada tuntutan integrasi antara pengakuan lahiriah dan batiniah. Al-Raghib al-Ishfahani menyebutkan bahwa persaksian (syahadah) tidak sekadar diucapkan, tetapi juga harus disertai dengan pengalaman langsung, baik secara fisik maupun spiritual. Dalam konteks pewahyuan, Nabi Muhammad Saw tidak hanya mengucapkan kebenaran wahyu, tetapi juga menyaksikan, merasakan, dan mengalami langsung kehadiran Allah dalam setiap wahyu yang diterimanya.

Dalam kehidupan sehari-hari, hal ini mengajarkan kepada umat Islam bahwa keimanan bukan hanya sebuah keyakinan yang pasif. Keimanan harus diwujudkan dalam tindakan nyata, yang merefleksikan komitmen penuh kepada Allah dan ajaran-Nya. Persaksian dalam konteks ini adalah bentuk integrasi antara indera lahiriah, rasionalitas, dan spiritualitas yang saling berkelindan, membentuk sebuah kehidupan yang seimbang dan penuh keberkahan.

Berbeda dengan nazhar, ru’yah, dan bashar yang hanya menyentuh satu aspek dari penglihatan, syahadah atau persaksian melibatkan keseluruhan diri seorang Muslim, baik secara intelektual maupun spiritual. Oleh karena itu, komitmen persaksian ini tidak bisa bersifat parsial, tetapi harus komprehensif dan menyeluruh. Jika persaksian dilakukan hanya dengan satu aspek saja, tanpa melibatkan seluruh diri, maka keimanan tersebut menjadi tidak sempurna dan rentan terhadap manipulasi.

Ironisnya, sebagaimana disampaikan Piet, banyak dari kaum musyrikin pada zaman Nabi yang memiliki kesempatan untuk memberikan persaksian yang integratif, tetapi mereka justru menolak kebenaran wahyu. Mereka mengetahui kebenaran wahyu yang dibawa oleh Muhammad, tetapi menolak untuk mengakui dan menerimanya. Hal ini merugikan mereka secara spiritual, karena menolak kebenaran yang telah disaksikan secara nyata.

ShareTweetSendShareShare
Previous Post

Tafsir At-Tanwir Disusun untuk Membangun Peradaban Islam

Next Post

Etos Moral dalam QS. Al-An’am Ayat 94: Tanggung Jawab Individu di Hari Kiamat

Baca Juga

Dalam Sehari, Haedar Nashir Resmikan Enam Bangunan Amal Usaha Muhammadiyah di Kotagede
Berita

Dalam Sehari, Haedar Nashir Resmikan Enam Bangunan Amal Usaha Muhammadiyah di Kotagede

02/08/2025
Kotagede dalam Jejak Panjang Gerakan Islam: Haedar Nashir Resmikan Enam Bangunan AUM di Kotagede
Berita

Kotagede dalam Jejak Panjang Gerakan Islam: Haedar Nashir Resmikan Enam Bangunan AUM di Kotagede

02/08/2025
Tapak Suci Mendunia: 763 Pesilat dari 24 Negara Berlaga di Tapak Suci World Championship 2
Berita

Tapak Suci Mendunia: 763 Pesilat dari 24 Negara Berlaga di Tapak Suci World Championship 2

02/08/2025
Optimisme Muhadjir Effendy Bagi Alumni UMM Dapat Menjadi Generasi Pemimpin di Masa Indonesia Emas
Berita

Muhadjir Tekankan Peran Orang Tua dalam Sukseskan Pendidikan Mahasiswa

02/08/2025
Next Post
Turunnya Al Quran: Lailatul Qadar atau Nuzul Al Quran?

Etos Moral dalam QS. Al-An’am Ayat 94: Tanggung Jawab Individu di Hari Kiamat

Persamaan dan Perbedaan Muhammadiyah dan Salafi

Beasiswa Sang Surya Muhammadiyah Merupakan Aktualisasi Ajaran Agama Islam

AIK Ruh Institusi Pendidikan Muhammadiyah, Irwan Akib: AIK Jangan Dianaktirikan

Sekolah Muhammadiyah Harus Miliki Ciri Khusus yang Berbasis Spiritualitas

BERITA POPULER

  • Perbedaan Antara Tilawah dan Tadarus Al Quran, Mana yang Lebih Baik?

    Jika Islam Agama Universal, Mengapa Al-Qur’an Diturunkan dalam Bahasa Arab?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pengumuman Peserta Lulus Tes Wawancara Beasiswa S1 Al Azhar Jalur PP Muhammadiyah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Haedar Nashir: Pak Rosyad Sholeh adalah Kamus Muhammadiyah yang Lengkap

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Syafiq Mughni: KHGT Hasil Ijtihad Muhammadiyah untuk Menyatukan Persaudaraan Umat Islam se-Dunia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Wacana Peleburan BPKH dengan BP Haji, Kiai Saad: Pegang Prinsip Maslahat dan Kajian Mendalam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AUM Muhammadiyah Bukan Warisan Pribadi, Tapi Amanah Umat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Warisan Kiai Dahlan: Spirit Kesederhanaan, Intelektualitas, dan Pengorbanan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Peran Krusial Mu’allimaat Muhammadiyah: Warisan Abad ke-20 yang Terus Berjaya di Yogyakarta

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kolaborasi Gagasan: Hermawan Kartajaya dan PP Muhammadiyah Bahas Islam, Marketing, dan SDG

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Majelis

  • Tarjih dan Tajdid
  • Tabligh
  • Diktilitbang
  • Dikdasmen dan PNF
  • Pembinaan Kader dan SDI
  • Pembinaan Kesehatan Umum
  • Peminaan Kesejahteraan Sosial
  • Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata
  • Pendayagunaan Wakaf
  • Pemberdayaan Masyarakat
  • Hukum dan HAM
  • Lingkungan Hidup
  • Pustaka dan Informasi

Lembaga

  • Pengembangan Pesantren
  • Pengembangan Cabang Ranting
  • Kajian dan Kemitraan Strategis
  • Pembinaan dan Pengawasan Keuangan
  • Resiliensi Bencana
  • Amil Zakat, Infak dan Sedekah
  • Pengembang UMKM
  • Hikmah dan Kebijakan Publik
  • Seni Budaya
  • Pengembangan Olahraga
  • Hubungan dan Kerjasama Internasional
  • Dakwah Komunitas
  • Pemeriksa Halal dan KHT
  • Pembinaan Haji dan Umrah
  • Bantuan Hukum dan Advokasi Publik

Biro

  • Pengembangan Organisasi
  • Pengelolaan Keuangan
  • Komunikasi dan Pelayanan Umum

Ortom

  • Aisyiyah
  • Pemuda Muhammadiyah
  • Nasyiatul Aisyiyah
  • Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
  • Ikatan Pelajar Muhammadiyah
  • Tapak Suci Putra Muhammadiyah
  • Hizbul Wathon

Wilayah Sumatra

  • Nanggroe Aceh Darussalam
  • Sumatra Utara
  • Sumatra Selatan
  • Sumatra Barat
  • Bengkulu
  • Riau
  • Kepulauan Riau
  • Lampung
  • Jambi
  • Bangka Belitung

Wilayah Kalimantan

  • Kalimantan Barat
  • Kalimantan Timur
  • Kalimantan Selatan
  • Kalimantan Tengah
  • Kalimantan Utara

Wilayah Jawa

  • D.I. Yogyakarta
  • Banten
  • DKI Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur

Wilayah Bali &

Kepulauan Nusa Tenggara

  • Bali
  • Nusa Tenggara Barat
  • Nusa Tenggara Timur

Wilayah Sulawesi

  • Gorontalo
  • Sulawesi Barat
  • Sulawesi Tengah
  • Sulawesi Utara
  • Sulawesi Tenggara
  • Sulawesi Selatan

Wilayah Maluku dan Papua

  • Maluku Utara
  • Maluku
  • Papua
  • Papua Barat
  • Papua Barat daya

Cabang Istimewa

  • PCIM Kairo Mesir
  • PCIM Iran
  • PCIM Sudan
  • PCIM Belanda
  • PCIM Jerman
  • PCIM United Kingdom
  • PCIM Libya
  • PCIM Malaysia
  • PCIM Prancis
  • PCIM Amerika Serikat
  • PCIM Jepang
  • PCIM Tunisia
  • PCIM Pakistan
  • PCIM Australia
  • PCIM Rusia
  • PCIM Taiwan
  • PCIM Tunisia
  • PCIM TurkI
  • PCIM Korea Selatan
  • PCIM Tiongkok
  • PCIM Arab Saudi
  • PCIM India
  • PCIM Maroko
  • PCIM Yordania
  • PCIM Yaman
  • PCIM Spanyol
  • PCIM Hongaria
  • PCIM Thailand
  • PCIM Kuwait
  • PCIM New Zealand

Kategori

  • Kabar
  • Opini
  • Hukum Islam
  • Khutbah
  • Media
  • Tokoh

Tentang

  • Sejarah
  • Brand Guideline

Layanan

  • Informasi
  • KTAM

Ekosistem

  • Muhammadiyah ID
  • MASA
  • EventMu
  • BukuMu
  • SehatMu
  • KaderMu
  • LabMu

Informasi

  • Redaksi
  • Kontak
  • Ketentuan Layanan
© 2025 Persyarikatan Muhammadiyah

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • AR icon bendera arab
  • EN
  • ID bendera indonesia
  • Home
  • Organisasi
    • Anggota Pimpinan Pusat
    • Keputusan Muktamar Ke-48
      • Risalah Islam Berkemajuan
      • Isu – Isu Strategis Keumatan, Kebangsaan dan Kemanusiaan Universal
      • Keputusan Lengkap
    • Majelis
      • Majelis Tarjih dan Tajdid
      • Majelis Tabligh
      • Majelis Diktilitbang
      • Majelis Dikdasmen dan PNF
      • Majelis Pembinaan Kader dan SDI
      • Majelis Pembinaan Kesehatan Umum
      • Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial
      • Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata
      • Majelis Pendayagunaan Wakaf
      • Majelis Pemberdayaan Masyarakat
      • Majelis Hukum dan HAM
      • Majelis Lingkungan Hidup
      • Majelis Pustaka dan Informasi
    • Lembaga
      • Lembaga Pengembangan Pesantren
      • Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid
      • Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis
      • Lembaga Pembinaan dan Pengawasan Keuangan
      • Lembaga Resiliensi Bencana
      • Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah
      • Lembaga Pengembang UMKM
      • Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik
      • Lembaga Seni Budaya
      • Lembaga Pengembangan Olahraga
      • Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional
      • Lembaga Dakwah Komunitas
      • Lembaga Pemeriksa Halal dan KHT
      • Lembaga Pembinaan Haji dan Umrah
      • Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi Publik
    • Biro
      • Biro Pengembangan Organisasi
      • Biro Pengelolaan Keuangan
      • Biro Komunikasi dan Pelayanan Umum
    • Profil
      • AD/ ART Muhammadiyah
      • Sejarah Muhammadiyah
      • Lagu Sang Surya
      • Organisasi Otonom
      • Cabang Istimewa/Luar Negeri
    • Ideologi
      • Muqodimah Anggaran Dasar Muhammadiyah
      • Masalah Lima
      • Kepribadian Muhammadiyah
      • Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah
      • Khittah Muhammadiyah
      • Langkah Muhammadiyah
    • Daftar Anggota
  • Opini
    • Budaya Lokal
    • Filantropi & Kesejahteraan Sosial
    • Pemberdayaan Masyarakat
    • Lingkungan & Kebencanaan
    • Masyarakat Adat
    • Milenial
    • Moderasi Islam
    • Resensi
  • Hikmah
  • Hukum Islam
  • Khutbah
    • Khutbah Jumat
    • Khutbah Gerhana
    • Khutbah Nikah
    • Khutbah Idul Adha
    • Khutbah Idul Fitri
  • Tokoh
  • Kabar
    • Internasional
    • Nasional
    • Wilayah
    • Daerah
    • Ortom
  • Galeri
    • Foto
  • Login

© 2025 Persyarikatan Muhammadiyah - Cahaya Islam Berkemajuan.