Minggu, 6 Juli 2025
  • AR
  • EN
  • IN
Muhammadiyah
  • KABAR
  • OPINI
  • HUKUM ISLAM
  • KHUTBAH
  • MEDIA
  • SEJARAH
  • TOKOH
  • ARSIP
No Result
View All Result
  • Login
Muhammadiyah
  • KABAR
  • OPINI
  • HUKUM ISLAM
  • KHUTBAH
  • MEDIA
  • SEJARAH
  • TOKOH
  • ARSIP
No Result
View All Result
  • Login
Muhammadiyah
No Result
View All Result
  • KABAR
  • OPINI
  • HUKUM ISLAM
  • KHUTBAH
  • MEDIA
  • SEJARAH
  • TOKOH
  • ARSIP
Home Berita

Lazismu Tingkatkan Kepuasan Pelayanan Muzaki

by aanardianto
1 tahun ago
in Berita
Reading Time: 3 mins read
A A
Lazismu Tingkatkan Kepuasan Pelayanan Muzaki

MUHAMMADIYAH.OR.ID, JAKARTA – Dalam mewujudkan service excellence, Lazismu mengadakan Survei Kepuasan Muzaki dan Penerima Manfaat Lazismu 2023. Tujuan dari Survei Kepuasan Muzaki adalah mendapatkan penilaian dan masukan dari Muzaki mengenai pelayanan yang diberikan oleh Lazismu.

Secara nasional sedangkan Survei Kepuasan Penerima Manfaat untuk melihat gambaran tingkat kepuasan penerima manfaat pada program Lazismu. Research & Development Lazismu juga mengadakan diskusi bertajuk Ziska Talk untuk memaparkan kedua hasil survei tersebut pada Rabu (31/1).

Acara kali ini menghadirkan Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah Nuryadi Wijihardjono. Manajer R&D Lazismu Pusat, Sita Rahmi, Tim R&D Lazismu Pusat, Mariska Salekhah Rahman dan Dosen Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Muhammad Zakiy.

Dalam Sambutannya Nuryadi Wijihardjono mengapresiasi atas kerja tim R&D Lazismu Pusat dalam melakukan survei kepuasan Muzaki dan penerima manfaat. Tingkat kepuasan pelayanan kita kepada Muzaki dan Mustahiq harus diukur.

MateriTerkait

Milad Lazismu ke-23: Komitmen Menebar Manfaat untuk Kesejahteraan Umat dan Semesta

Empat Golongan Manusia dalam Pandangan Rasulullah

Bergabunglah dalam Konferensi Mufasir Muhammadiyah III

“Tuntutannya cukup tinggi karena setiap tahun hasil surveinya harus meningkat,” ujarnya.

Ia pun menerangkan bahwa kegiatan ini membutuhkan partisipasi dari seluruh pimpinan Lazismu baik itu di tingkat wilayah. daerah bahkan kantor layanan. Nuryadi Pun menuturkan bahwa kegiatan ini penting untuk mengetahui tingkat kepuasan  terhadap Lazismu dengan berbagai programnya.

“Oleh karena itu, kita perlu sama-sama melihat dan belajar seperti apa potret kita menurut pendapat orang yang kita layani. Tentunya akan ada capaian yang baik, yang kurang baik,” lanjutnya.

Nuryadi pun berharap jika ada layanan yang sudah baik harus dipertahankan dan layanan yang kurang baik harus ditingkatkan.

“Syukur-syukur di akhir acara nanti, disepakati di masing-masing wilayah ada yang bertanggung jawab untuk melakukan riset, karena setiap tahun harus dilakukan,” katanya.

Hasil Survei Kepuasan Muzaki Lazismu di tahun 2023 yang dipaparkan oleh Mariska Salekhah Rahman selaku tim R&D Lazismu Pusat menghasilkan angka sebesar 84,44% atau sangat baik dengan beberapa catatan.

Dalam survei kepuasan Muzaki aspek yang dinilai adalah Tangible (Bukti Langsung), Reliability (Kehandalan), Responsive (Daya Tanggap), Competence (Kompetensi), Courtesy (Kesopanan), Credibility (Kredibilitas), Security & Privacy (Keamanan dan Kerahasiaan), Access (Akses), Communication (Komunikasi), Empathy (Empati), Sharia Compliance, (Kepatuhan Syariah)

Dari hasil survei tersebut, memunculkan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan layanan Lazismu seperti adanya peningkatan kapasitas pengetahuan amil mengenai ZISKA, perbaikan terkait informasi pelayanan dan program penyaluran ZISKA di Lazismu agar mudah dimengerti, lalu memenuhi kebutuhan dasar Muzaki seperti ucapan terima kasih, kuitansi, laporan penggunaan dana maupun laporan program.

Rekomendasi berikutnya adalah memelihara komunikasi atau hubungan baik dengan Muzaki seperti cepat tanggap, responsif, dan empati serta memberikan ucapan hari istimewa, selanjutnya adanya bukti setor zakat atau kuitansi tanda terima dari Lazismu menjadi perhatian khusus, memperluas jangkauan penghimpunandan ZISKA dengan pendekatan intens kepada generasi milenial dan Z melalui media sosial dan lainnya sehingga tumbuh budaya berderma di generasi muda.

Sedangkan Hasil Survei Kepuasan Penerima Manfaat Lazismu di tahun 2023 yang disampaikan oleh Sita Rahmi BS selaku Manajer R&D Lazismu Pusat mendapatkan angka sebesar 89% atau sangat baik dengan beberapa catatan. Aspek yang dinilai dalam kepuasan penerima manfaat adalah pertama, Program Lazismu mendukung perbaikan masyarakat.

Kedua, Kompetensi Amil Lazismu Cukup Baik. Ketiga, Program Lazismu tepat waktu dan efektif. Keempat, Program Lazismu sesuai kebutuhan individu dan masyarakat. Kelima, program Lazismu saling melengkapi, dan terakhir umpan balik dan keluhan masyarakat ditanggapi dengan baik.

Adapun beberapa rekomendasi dari survei kepuasan penerima manfaat adalah Lazismu harus menyusun SOP mengenai waktu tunggu dari pengajuan hingga proses pencairan bantuan kepada penerima manfaat, lalu membuat sistem program terintegrasi agar proses bisnis yang sedang berjalan bisa terpantau secara real time.

Selanjutnya perlu diadakan pelatihan mengenai cara menangani komplain yang tepat  dan pelatihan pemecahan masalah untuk staf program dan layanan, perlu adanya kotak saran atau link aduan secara online, lalu memetakan saran menjadi landasan perbaikan program serta sosialisasi kualifikasi penerima manfaat sesuai syariat.

Tags: LazisMUmuhammadiyahmuzaki
ShareTweetSendShareShare
Previous Post

Berkontribusi Terhadap Perdamaian dan Kemanusiaan Global, Muhammadiyah Raih Penghargaan Zayed Award

Next Post

‘Aisyiyah Dorong Kadernya Gunakan Hak Pilih dengan Bijak

Baca Juga

Agung Danarto Menyebut Tidak Semua Budaya bagi Muhammadiyah itu TBC
Berita

Agung Danarto Menyebut Tidak Semua Budaya bagi Muhammadiyah itu TBC

06/03/2025
Sejarah Singkat Sikap Wasathiyah Muhammadiyah Membangun Bangsa
Berita

Sejarah Singkat Sikap Wasathiyah Muhammadiyah Membangun Bangsa

05/03/2025
Muhammadiyah Ormas Bermartabat
Berita

Muhammadiyah Ormas Bermartabat

27/02/2025
Muhammadiyah Gelar Rakornas Bidang Ekonomi
Berita

Muhammadiyah Gelar Rakornas Bidang Ekonomi

26/02/2025
Next Post
‘Aisyiyah Dorong Kadernya Gunakan Hak Pilih dengan Bijak

‘Aisyiyah Dorong Kadernya Gunakan Hak Pilih dengan Bijak

Dirut Suara Muhammadiyah Raih Penghargaan Bergengsi

Dirut Suara Muhammadiyah Raih Penghargaan Bergengsi

Salat Jamak-Qashar dalam Perjalanan: Meneladani Sunah Rasulullah

Salat Jamak-Qashar dalam Perjalanan: Meneladani Sunah Rasulullah

BERITA POPULER

  • Puasa Tasua dan Asyura Jatuh Pada Tanggal 27 dan 28 Juli 2023, Begini Keutamaannya!

    Kapan Pelaksanaan Puasa Tasua dan Asyura?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Puasa Asyura dalam Riwayat Hadits Ibnu Abbas dan Aisyah RA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Inggris Alami Krisis Layanan Lansia, Muhammadiyah Ambil Peluang Dakwah dan Kontribusi Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Amalan-amalan bagi Muslimah pada bulan Muharram

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Muhammadiyah Rencanakan Pembangunan Masjid dan Sekolah di Jepang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dalil-dalil Disyariatkannya Puasa Tasu‘a dan ‘Asyura

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Alumni Kampus Muhammadiyah Ini Berhasil Diterima Magister di Harvard University

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sama-sama Menggunakan Hisab dan Berlaku Global: KHGT dan Kalender Ummul Qura Arab Saudi Tetapkan 1 Muharram 1447 H pada 26 Juni 2025

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Asal Usul Puasa Tasua dan Asyura

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Majelis

  • Tarjih dan Tajdid
  • Tabligh
  • Diktilitbang
  • Dikdasmen dan PNF
  • Pembinaan Kader dan SDI
  • Pembinaan Kesehatan Umum
  • Peminaan Kesejahteraan Sosial
  • Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata
  • Pendayagunaan Wakaf
  • Pemberdayaan Masyarakat
  • Hukum dan HAM
  • Lingkungan Hidup
  • Pustaka dan Informasi

Lembaga

  • Pengembangan Pesantren
  • Pengembangan Cabang Ranting
  • Kajian dan Kemitraan Strategis
  • Pembinaan dan Pengawasan Keuangan
  • Resiliensi Bencana
  • Amil Zakat, Infak dan Sedekah
  • Pengembang UMKM
  • Hikmah dan Kebijakan Publik
  • Seni Budaya
  • Pengembangan Olahraga
  • Hubungan dan Kerjasama Internasional
  • Dakwah Komunitas
  • Pemeriksa Halal dan KHT
  • Pembinaan Haji dan Umrah
  • Bantuan Hukum dan Advokasi Publik

Biro

  • Pengembangan Organisasi
  • Pengelolaan Keuangan
  • Komunikasi dan Pelayanan Umum

Ortom

  • Aisyiyah
  • Pemuda Muhammadiyah
  • Nasyiatul Aisyiyah
  • Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
  • Ikatan Pelajar Muhammadiyah
  • Tapak Suci Putra Muhammadiyah
  • Hizbul Wathon

Wilayah Sumatra

  • Nanggroe Aceh Darussalam
  • Sumatra Utara
  • Sumatra Selatan
  • Sumatra Barat
  • Bengkulu
  • Riau
  • Kepulauan Riau
  • Lampung
  • Jambi
  • Bangka Belitung

Wilayah Kalimantan

  • Kalimantan Barat
  • Kalimantan Timur
  • Kalimantan Selatan
  • Kalimantan Tengah
  • Kalimantan Utara

Wilayah Jawa

  • D.I. Yogyakarta
  • Banten
  • DKI Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur

Wilayah Bali &

Kepulauan Nusa Tenggara

  • Bali
  • Nusa Tenggara Barat
  • Nusa Tenggara Timur

Wilayah Sulawesi

  • Gorontalo
  • Sulawesi Barat
  • Sulawesi Tengah
  • Sulawesi Utara
  • Sulawesi Tenggara
  • Sulawesi Selatan

Wilayah Maluku dan Papua

  • Maluku Utara
  • Maluku
  • Papua
  • Papua Barat
  • Papua Barat daya

Cabang Istimewa

  • PCIM Kairo Mesir
  • PCIM Iran
  • PCIM Sudan
  • PCIM Belanda
  • PCIM Jerman
  • PCIM United Kingdom
  • PCIM Libya
  • PCIM Malaysia
  • PCIM Prancis
  • PCIM Amerika Serikat
  • PCIM Jepang
  • PCIM Tunisia
  • PCIM Pakistan
  • PCIM Australia
  • PCIM Rusia
  • PCIM Taiwan
  • PCIM Tunisia
  • PCIM TurkI
  • PCIM Korea Selatan
  • PCIM Tiongkok
  • PCIM Arab Saudi
  • PCIM India
  • PCIM Maroko
  • PCIM Yordania
  • PCIM Yaman
  • PCIM Spanyol
  • PCIM Hongaria
  • PCIM Thailand
  • PCIM Kuwait
  • PCIM New Zealand

Kategori

  • Kabar
  • Opini
  • Hukum Islam
  • Khutbah
  • Media
  • Tokoh

Tentang

  • Sejarah
  • Brand Guideline

Layanan

  • Informasi
  • KTAM

Ekosistem

  • Muhammadiyah ID
  • MASA
  • EventMu
  • BukuMu
  • SehatMu
  • KaderMu
  • LabMu

Informasi

  • Redaksi
  • Kontak
  • Ketentuan Layanan
© 2025 Persyarikatan Muhammadiyah
Login with M-ID

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • AR icon bendera arab
  • EN
  • ID bendera indonesia
  • Home
  • Organisasi
    • Anggota Pimpinan Pusat
    • Keputusan Muktamar Ke-48
      • Risalah Islam Berkemajuan
      • Isu – Isu Strategis Keumatan, Kebangsaan dan Kemanusiaan Universal
      • Keputusan Lengkap
    • Majelis
      • Majelis Tarjih dan Tajdid
      • Majelis Tabligh
      • Majelis Diktilitbang
      • Majelis Dikdasmen dan PNF
      • Majelis Pembinaan Kader dan SDI
      • Majelis Pembinaan Kesehatan Umum
      • Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial
      • Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata
      • Majelis Pendayagunaan Wakaf
      • Majelis Pemberdayaan Masyarakat
      • Majelis Hukum dan HAM
      • Majelis Lingkungan Hidup
      • Majelis Pustaka dan Informasi
    • Lembaga
      • Lembaga Pengembangan Pesantren
      • Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid
      • Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis
      • Lembaga Pembinaan dan Pengawasan Keuangan
      • Lembaga Resiliensi Bencana
      • Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah
      • Lembaga Pengembang UMKM
      • Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik
      • Lembaga Seni Budaya
      • Lembaga Pengembangan Olahraga
      • Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional
      • Lembaga Dakwah Komunitas
      • Lembaga Pemeriksa Halal dan KHT
      • Lembaga Pembinaan Haji dan Umrah
      • Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi Publik
    • Biro
      • Biro Pengembangan Organisasi
      • Biro Pengelolaan Keuangan
      • Biro Komunikasi dan Pelayanan Umum
    • Profil
      • AD/ ART Muhammadiyah
      • Sejarah Muhammadiyah
      • Lagu Sang Surya
      • Organisasi Otonom
      • Cabang Istimewa/Luar Negeri
    • Ideologi
      • Muqodimah Anggaran Dasar Muhammadiyah
      • Masalah Lima
      • Kepribadian Muhammadiyah
      • Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah
      • Khittah Muhammadiyah
      • Langkah Muhammadiyah
    • Daftar Anggota
  • Opini
    • Budaya Lokal
    • Filantropi & Kesejahteraan Sosial
    • Pemberdayaan Masyarakat
    • Lingkungan & Kebencanaan
    • Masyarakat Adat
    • Milenial
    • Moderasi Islam
    • Resensi
  • Hikmah
  • Hukum Islam
  • Khutbah
    • Khutbah Jumat
    • Khutbah Gerhana
    • Khutbah Nikah
    • Khutbah Idul Adha
    • Khutbah Idul Fitri
  • Tokoh
  • Kabar
    • Internasional
    • Nasional
    • Wilayah
    • Daerah
    • Ortom
  • Galeri
    • Foto
  • Login

© 2024 Persyarikatan Muhammadiyah - Cahaya Islam Berkemajuan.