MUHAMMADIYAH.OR.ID, YOGYAKARTA—Menjelaskan tentang Religiusitas yang mencerahkan dalam ajaran Islam perspektif normativitas dan historisitas, Prof, Amin Abdullah menyebut dalam relasi sosial keagamaan antara normativitas atau ideal dengan historisitas atau realitas seringkali tidak sebangun.
Dalam sosial hubungan masyarakat Islam, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini mengutip QS. Al Hujurat ayat 11-13, bahwa dalam ajaran normatif Agama Islam terdapat anjuran untuk saling mengenal, tidak boleh melecehkan agama orang lain, termasuk tidak boleh mencari keburukan di masyarakat multikultural. Tetapi dalam historisitas atau realitasnya, yang muncul dalam praktek lapangan seringkali ditemukan sikap maupun tindakan yang karahiyatul al-ghair atau sikap tidak suka terhadap orang atau kelompok yang berbeda.
Menurutnya, hal ini semakin menjadi-jadi tatkala masyarakat beragama hidup di era disrupsi. “Jadi idealnya memang bagus sekali, ajaran-ajaran tadi itu bagus tetapi historisitasnya semacam itu,” ucap Prof. Amin Abdullah pada, Selasa (5/4) di acara Pengajian Ramadan 1443 H Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang dilangsungkan secara hybrid di Kantor PP Muhammadiyah, di Yogyakarta.
Keragaman melimpah yang dimiliki oleh milyaran manusia sekarang, kata Prof. Amin, tidak bisa diwakili oleh hanya satu agama, madzhab, maupun organisasi. Lebih rinci, dia menyebut lima keragaman tersebut antara lain ragam SARA, kelas sosial, aset ekonomi-politik yang dikuasai atau tidak dikuasai, peluang akses aset ekopol, dan kondisi kesehatan atau biologis. Menghadapi keragaman di masyarakat yang multikultural, seharusnya umat Islam tidak perlu risau sebab perbedaan merupakan sunnatullah sebagaimana yang disebutkan dalam QS. Yunus ayat 99, Ali Imran ayat 159, dan al Ahzab ayat 92.
Menurutnya jika umat Islam mendalami ayat-ayat tersebut akan memberikan kenyamanan dalam keragaman. “Supaya keberagamaan mencerahkan memang harus tidak boleh bersikap keras terhadap orang lain yang berbeda,” ungkapnya menjelaskan Ali Imran ayat 159.
Menurutnya, kunci menghadapi keragaman adalah dengan memahami realitas, menghormati realitas, keterlibatan dalam realitas, mengelola menjadi kekuatan, saling ketergantungan, dan kerjasama dalam relasi sosial. Oleh karena itu diperlukan jalan baru literasi keagamaan, yaitu fresh ijtihad dan menyempurnakan metode dan pendekatan dalam pembelajaran Agama Islam. Bagi warga Muhammadiyah, dalam memahami literasi keagamaan menurutnya harus sebagaimana yang dilakukan Majelis Tarjih, yakni dengan pendekatan bayani, burhani, dan irfani.
Hits: 68